A. LATAR
BELAKANG
Internet merupakan salah satu media yang banyak diminati oleh
masyarakat. Selain sebagai media informasi, internet juga berperan penting
dalam ilmu pengetahuan. Internet sepertinya sudah menyatu dengan kehidupan
zaman sekarang. Dari internet, kita bisa memperoleh apapun yang kita cari,mulai
dari hal-hal yang penting sampai hal yang paling kecil sekalipun. Di samping
itu, melalui media ini juga kehidupan kita bisa terbantu karena banyak sekali
hal-hal yang sangat bermanfaat dalam dunia maya tersebut.
Internet juga menjadi salah satu
alternatif untuk menjalin silaturahmi dengan orang lain. Banyak situs-situs
jejaring sosial yang membantu penikmat internet ini untuk berkomunikasi dengan
orang lain tanpa mengenal jarak dan waktu. Dengan internet, kita bisa menghemat
tenaga dan biaya yang jauh lebih besar daripada harus bertemu atau berkunjung
ke tempat orang lain.
Informasi di internet sangatlah
bervariasi. Tentunya akan sangat banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang
akan kita peroleh melalui internet ini. Semua itu tergantung dari diri kita
sendiri.
Internet merupakan terobosan terbaru dalam 10 tahun terakhir ini. Pengguna
internet dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan sekitar 2%. Semakin hari,
semakin banyak orang yang sangat menikmati manfaat dari internet ini. Melihat
besarnya animo serta permintaan yang tinggi terhadap layanan internet ini, maka
hal tersebut merupakan peluang untuk dijadikan usaha baru dengan membuka
fasilitas hotspot.
Selain usaha ini membutuhkan
modal yg tidak terlalu besar,peluang dalam bidang ini juga sangat besar karena
masih sedikit orang yang memanfaatkan usaha ini. Biaya untuk mengakses internet
dengan memanfaatkan hotspot ini juga lumayan kecil.
Dalam masyarakat,sudah tidak
jarang lagi orang mempunyai laptop. Laptop bagaikan kebutuhan penting dalam
masyarakat unutk membantu mempermudah pekerjaan. Selain itu,laptop juga
merupakan media hiburan bagi masyarakat sekaligus media untuk menikmati
fasilitas internet. Dengan melihat kenyataan ini, maka sangatlah besar peluang
usaha dalam bidang internet khususnya memanfaatkan fasilitas hotspot.
B. PERUMUSAN
MASALAH
Rumusan Masalah dalam Program Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang
Kewirausahaan ini adalah:
- Bagaimana mengawali kegiatan
wirausaha hotspot sebagai fasilitas untuk menikmati layanan internet
- 2. Bagaimana mempromosikan hotspot agar masyarakat mengetahui layanan
internet tersebut
- 3. Bagaimana memberikan pengaruh positif kepada masyarakat akan bisnis
ini
- 4. Bagaimana memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan yang positif bagi
masyarakat
C. TUJUAN
PROGAM
Tujuan dari Program Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang
kewirausahaan ini adalah:
- Merintis wirausaha hotspot
sebagai fasilitas untuk menikmati layanan internet
- Dapat mempromosikan hotspot
agar masyarakat mengetahui layanan internet tersebut
- Dapat menunjukkan bahwa
bisnis ini sangat baik untuk dijalankan mengingat besarnya potensi dari
bisnis ini.
- Dapat memberikan masyarakat
wawasan dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat melalui media internet
D. GAMBARAN UMUM
USAHA
1. Ide Produk
Saat ini, usaha hotspot belum begitu banyak diperhatikan. Ini terjadi
karena masyarakat khususnya di kota Praya belum memahami tentang manfaat
internet dalam kehidupan yang akan datang. Kota Praya merupakan daerah sasaran
yang sangat tepat untuk memajukan usaha ini karena memiliki potensi yang sangat
besar. Ide pembuatan usaha ini berasal dari adanya keinginan untuk meningkatkan
wawasan dan ilmu pengetahuan dalam masyarakat. Usaha hotspot dipilih karena
membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak dan kenyataan bahwa banyak
masyarakat yang memiliki fasilitas untuk menikmati layanan internet serta
besarnya peluang di dalam bidang ini.
2. Deskripsi
Usaha
Wirausaha baru di bidang hotspot ini sangat potensial menjadi unit usaha
baru karena usaha tersebut merupakan suatu inovasi baru di bidang internet,
selain itu keunggulan yang dimiliki usaha tersebut sangatlah banyak salah
satunya adalah memiliki potensi yang besar karena masih sedikit pesaing.
Apalagi di daerah Praya yang masih sangat minim akan pengetahuan dan teknologi
baru. Keunggulan dari usaha ini antara lain manfaatnya bagi masyarakat yaitu
sangat baik untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
3. Analisa
Pemasaran Produk
Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah :
- Strategi Harga
Strategi harga dilakukan
berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar
dengan tetap menjaga kualitas usaha (kelancaran dan kecepatan mengakses
internet), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan
dengan pesaing.
- Strategi Promosi
- Publikasi produk untuk
promosi dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pemilik operator
telepon seluler yang memiliki akses internet dimana perusahaan ini
merupakan semacam inkubator bisnis bagi karya mahasiswa yang layak untuk dikomersialisasikan,
menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia
internet dan komputer, mengikuti sejumlah pameran yang berhubungan dengan
internet dan komputer,dan ikut serta mengadakan beberapa pelatihan
yang berhubungan dengan internet.
- Promosi penjualan yang bisa
dilakukan adalah penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke
mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti
pameran-pameran.
- Setiap pelanggan yang
menikmati fasilitas hotspot akan mendapatkan satu botol soft drink. Ini
adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.
G. METODOLOGI
PELAKSANAAN
Tempat usaha hotspot ini adalah di daerah Praya, Lombok Tengah. Untuk
merealisasikan usaha hotspot akan dilaksanakan tahapan kerja sebagai berikut :
- 1. Persiapan perlengkapan
Usaha
Pada tahap ini dilakukan
pembelian peralatan yang dibuthkan untuk melaksanakan usaha, peralatan tersebut
antara lain :
- Wireless
- Cok roll
- Meja kecil
- Network cabel
- Kipas angin
- 2. Perakitan alat
Bahan yang diperlukan pada
perakitan fasilitas hotspot adalah wireless dan network cabel. Kita hanya
menghubungkan wireless dengan network cabel.
- 3. Peningkatan kualitas
Penempatan wireless sangat
berpengaruh terhadap kecepatan mengakses internet dan kelancaran internet.
Berikut beberapa cara mempercepat koneksi wireless :
- Menjauhkan wireless dengan
bahan yang terbuat metal atau baja karena dapat memantulkan gelombang
- Menjaga agar wireless tidak
terlalu panas dengan meletakkan kipas angin di dekat wireless dengan
tujuan agar kecepatan akses stabil
- Meletakkan wireless dengan
ketinggian tertentu agar mendapatkan sinyal atau gelombang secara cepat
Selain meningkatkan kecepatan
wireless, salah satu cara meningkatkan pengunjung adalah dengan meningkatkan
faslitas tempat hotspot. Dengan memberikan kenyamanan kepada pelanggan
merupakan salah satu cara yang ampuh.
H. RANCANGAN BIAYA
PEMASUKAN
NO.
|
SUMBER
|
PEMASUKAN
|
1.
|
Dikti
|
Rp.
6.000.000,00
|
2.
|
Dana Lain
|
Rp.
500.000,00
|
TOTAL
|
Rp.
6.500.000,00
|
PENGELUARAN
- Biaya Pelaksanaan dan Operasional
Awal Usaha Hotspot
No
|
Pemanfaatan
|
jumlah (buah)
|
harga satuan
|
total biaya
|
1.
|
Modal Awal
Operasional Usaha
|
2,700,000.00
|
||
2.
|
Biaya promosi
|
800,000.00
|
||
3.
|
Pembelian
wireless
|
1,800,000.00
|
||
4
|
Biaya
pendaftaran tempat usaha
|
500,000.00
|
||
5
|
Transportasi
|
500,000.00
|
||
6
|
Komunikasi
|
500,000.00
|
||
jumlah
|
Rp.
6,500,000.00
|
Analisis Usaha
Hotspot
A. Biaya Tetap
(Fix Cost)
Uraian
|
Jumlah
|
Harga Satuan (Rp.)
|
Besarnya(Rp)
|
Peralatan :
|
|||
Wireless
|
2 buah
|
900,000
|
1.800,000
|
Kipas angin
|
2 buah
|
100,000
|
200.000
|
Meja kecil
|
10 buah
|
50,000
|
500,000
|
Network kabel
|
5 meter
|
5,000
|
25,000
|
Cok roll
|
10 buah
|
17,500
|
175,000
|
Total
|
2,700,000
|
B. Variable
Cost (dalam 30 hari )
No.
|
Uraian
|
Jumlah
|
Harga Satuan
(Rp.)
|
Besarnya
(Rp.)
|
1.
|
Teh botol
|
1 kerat
|
100.000
|
100.000
|
2.
|
Fruit tea
|
1 kerat
|
100.000
|
100.000
|
3.
|
Tebs
|
1 kerat
|
100,000
|
100,000
|
4.
|
Biaya tenaga
kerja :
|
30 hari
|
400,000
|
1,200,000
|
Total
|
1,500,000
|
- a. Total Biaya Produksi =
(Total Investasi + Total biaya operasional pertahun
= Rp. 2,700,000 + (Rp.1,500,000x 12)
= Rp. 20,700,000
b.pendapatan di
hari biasa = Jumlah orang x Waktu (hari) x tarif
= 30 x 25 x Rp. 4,000
= Rp. 3,000,000
pendapatan
di hari libur = Jumlah orang x Waktu (hari) x
tarif
= 50 x 5 x Rp. 4,000
= Rp. 1,000,000
Total
Pendapatan = pendapatan di hari biasa +
pendapatan di hari libur = Rp. 3,000,000+ Rp.
1,000,000
= Rp. 4,000,000
pendapatan per
tahun = Rp.
4,000,000.00 x 12 bulan
= Rp. 48,000,000
Waktu siaga
(waktu buka) per tahun = 24 x 360 = 8640
c.
HPP (Harga Pokok Penjualan)
Harga Pokok
Penjualan =
= Rp. 20,700,000
8640
= Rp 2,395.833 à Rp. 2,400
d.
Analisis Biaya Manfaat
Keuntungan
= Penerimaan – Total Biaya Produksi
= Rp. 4,000,000 – Rp. Rp.1,500,000
= Rp. 2,500,000
Keuntungan per
tahun = Rp. 30,000,000
e.
Pay Back
Periode =
= 2.700.000 + 18.000.000
30.000.000
= 0,69 tahun = ± 8,28 bulan
I.
STRATEGI PEMASARAN
- Strategi
Harga
Strategi harga dilakukan
berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan
tetap menjaga kualitas usaha (kelancaran dan kecepatan mengakses internet),
dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan
pesaing.
- Strategi
Promosi
1. Publikasi produk untuk promosi
dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pemilik operator telepon seluler
yang memiliki akses internet dimana perusahaan ini merupakan semacam inkubator
bisnis bagi karya mahasiswa yang layak untuk dikomersialisasikan, menjalin
kerjasama dengan pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia internet dan
komputer, mengikuti sejumlah pameran yang berhubungan dengan internet dan
komputer,dan ikut serta mengadakan beberapa pelatihan yang berhubungan dengan
internet.
- Promosi
penjualan yang bisa dilakukan adalah penyebaran brosur usaha,
promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan
mengikuti pameran-pameran.
- Setiap
pelanggan yang menikmati fasilitas hotspot akan mendapatkan satu botol
soft drink. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot
banyak pengunjung.
Analisis SWOT:
1.
Strength :
a. Sedikit pesaing.
b. Modal untuk memulai usaha kecil.
c. Potensi usaha sangat besar di Praya.
d. Respon masyarakat Praya yang positif terhadap teknologi internet.
2. Weekness :
a. Usaha terbilang baru.
b. Belum dikenal.
c. Jumlah tenaga pembantu terbatas.
3. Opportunity:
a. Dapat dengan mudah
memasuki target pasar, karena sedikit pesaing.
b. Keunggulan usaha ini yang lebih murah daripada menyewa di warnet
c.Tarif yang lebih murah
4.
Threath :
a. Timbul usaha
yang sejenis
b. Jaringan usaha yang belum luas
c. Kesediaan bahan baku yang terbatas karena harus membeli di daerah lua
DAFTAR PUSTAKA
“Anonim”. 2012. Pengertian Kewirausahaan. diambil dari http:// www.bisnis-pengertianKewirausahaan.com. Pada tanggal 4 Maret 2012.
“Anonim”. 2009. Ciri-ciri Kewirausahaan Unggul/Berhasil. diambil
dari http://ciri-cirikewirausahaanunggul_berhasil.com. Pada tanggal 4 Maret 2012.
“Anonim”. 2009. Karakteristik Kewirausahaan. diambil dari http://karakteristik-wirausahaan.com. Pada tanggal 4 Maret 2012.
“Anonim”. 2009. Kewirausahaan. diambil dari http://kewirausahaan-kang_amin.com. Pada tangaal 4 Maret 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar