Rabu, 18 September 2013

Makalah Kewira Usahaan


A. LATAR BELAKANG

Internet  merupakan salah satu  media yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain sebagai media informasi, internet juga berperan penting dalam ilmu pengetahuan. Internet sepertinya sudah menyatu dengan kehidupan zaman sekarang. Dari internet, kita bisa memperoleh apapun yang kita cari,mulai dari hal-hal yang penting sampai hal yang paling kecil sekalipun. Di samping itu, melalui media ini juga kehidupan kita bisa terbantu karena banyak sekali hal-hal yang sangat bermanfaat dalam dunia maya tersebut.

Internet juga menjadi salah satu alternatif untuk menjalin silaturahmi dengan orang lain. Banyak situs-situs jejaring sosial yang membantu penikmat internet ini untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa mengenal jarak dan waktu. Dengan internet, kita bisa menghemat tenaga dan biaya yang jauh lebih besar daripada harus bertemu atau berkunjung ke tempat orang lain.

Informasi di internet sangatlah bervariasi. Tentunya akan sangat banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang akan kita peroleh melalui internet ini. Semua itu tergantung dari diri kita sendiri.

Internet merupakan terobosan terbaru dalam 10 tahun terakhir ini. Pengguna internet dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan sekitar 2%. Semakin hari, semakin banyak orang yang sangat menikmati manfaat dari internet ini. Melihat besarnya animo serta permintaan yang tinggi terhadap layanan internet ini, maka hal tersebut merupakan peluang untuk dijadikan usaha baru dengan membuka fasilitas hotspot.

Selain usaha ini membutuhkan modal yg tidak terlalu besar,peluang dalam bidang ini juga sangat besar karena masih sedikit orang yang memanfaatkan usaha ini. Biaya untuk mengakses internet dengan memanfaatkan hotspot ini juga lumayan kecil.

Dalam masyarakat,sudah tidak jarang lagi orang mempunyai laptop. Laptop bagaikan kebutuhan penting dalam masyarakat unutk membantu mempermudah pekerjaan. Selain itu,laptop juga merupakan media hiburan bagi masyarakat sekaligus media untuk menikmati fasilitas internet. Dengan melihat kenyataan ini, maka sangatlah besar peluang usaha dalam bidang internet khususnya memanfaatkan fasilitas hotspot.

 

B. PERUMUSAN MASALAH

Rumusan Masalah dalam Program Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang Kewirausahaan ini adalah:

  1. Bagaimana mengawali kegiatan wirausaha hotspot sebagai fasilitas untuk menikmati layanan internet
  2. 2. Bagaimana mempromosikan hotspot agar masyarakat mengetahui layanan internet tersebut
  3. 3. Bagaimana memberikan pengaruh positif kepada masyarakat akan bisnis ini
  4. 4. Bagaimana memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan yang positif bagi masyarakat

C. TUJUAN PROGAM

Tujuan dari  Program Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang kewirausahaan ini adalah:

  1. Merintis wirausaha hotspot sebagai fasilitas untuk menikmati layanan internet
  2. Dapat mempromosikan hotspot agar masyarakat mengetahui layanan internet tersebut
  3. Dapat menunjukkan bahwa bisnis ini sangat baik untuk dijalankan mengingat besarnya potensi dari bisnis ini.
  4. Dapat memberikan masyarakat wawasan dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat melalui media internet

D. GAMBARAN UMUM USAHA

1. Ide Produk

Saat ini, usaha hotspot belum begitu banyak diperhatikan. Ini terjadi karena masyarakat khususnya di kota Praya belum memahami tentang manfaat internet dalam kehidupan yang akan datang. Kota Praya merupakan daerah sasaran yang sangat tepat untuk memajukan usaha ini karena memiliki potensi yang sangat besar. Ide pembuatan usaha ini berasal dari adanya keinginan untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan dalam masyarakat. Usaha hotspot dipilih karena membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak dan kenyataan bahwa banyak masyarakat yang memiliki fasilitas untuk menikmati layanan internet serta besarnya peluang di dalam bidang ini.

2. Deskripsi Usaha

Wirausaha baru di bidang hotspot ini sangat potensial menjadi unit usaha baru karena usaha tersebut merupakan suatu inovasi baru di bidang internet, selain itu keunggulan yang dimiliki usaha tersebut sangatlah banyak salah satunya adalah memiliki potensi yang besar karena masih sedikit pesaing. Apalagi di daerah Praya yang masih sangat minim akan pengetahuan dan teknologi baru. Keunggulan dari usaha ini antara lain manfaatnya bagi masyarakat yaitu sangat baik untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

3. Analisa Pemasaran Produk

Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah :

  • Strategi Harga

Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (kelancaran dan kecepatan mengakses internet), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.

  • Strategi Promosi

  1. Publikasi produk untuk promosi dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pemilik operator telepon seluler yang memiliki akses internet dimana perusahaan ini merupakan semacam inkubator bisnis bagi karya mahasiswa yang layak untuk dikomersialisasikan, menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia internet dan komputer, mengikuti sejumlah pameran yang berhubungan dengan  internet dan komputer,dan ikut serta mengadakan beberapa pelatihan yang berhubungan dengan internet.
  2. Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
  3. Setiap pelanggan yang menikmati fasilitas hotspot akan mendapatkan satu botol soft drink. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.

G. METODOLOGI PELAKSANAAN

Tempat usaha hotspot  ini adalah di daerah Praya, Lombok Tengah. Untuk merealisasikan usaha hotspot akan dilaksanakan tahapan kerja sebagai berikut :

  1. 1. Persiapan perlengkapan Usaha

Pada tahap ini dilakukan pembelian peralatan yang dibuthkan untuk melaksanakan usaha, peralatan tersebut antara lain :

  • Wireless
  • Cok roll
  • Meja kecil
  • Network cabel
  • Kipas angin

  1. 2. Perakitan alat

Bahan yang diperlukan pada perakitan fasilitas hotspot adalah wireless dan network cabel. Kita hanya menghubungkan wireless dengan network cabel.

  1. 3. Peningkatan kualitas

Penempatan wireless sangat berpengaruh terhadap kecepatan mengakses internet dan kelancaran internet. Berikut beberapa cara mempercepat koneksi wireless :

  • Menjauhkan wireless dengan bahan yang terbuat metal atau baja karena dapat memantulkan gelombang
  • Menjaga agar wireless tidak terlalu panas dengan meletakkan kipas angin di dekat wireless dengan tujuan agar kecepatan akses stabil
  • Meletakkan wireless dengan ketinggian tertentu agar mendapatkan sinyal atau gelombang secara cepat

Selain meningkatkan kecepatan wireless, salah satu cara meningkatkan pengunjung adalah dengan meningkatkan faslitas tempat hotspot. Dengan memberikan kenyamanan kepada pelanggan merupakan salah satu cara yang ampuh.

 

H. RANCANGAN BIAYA

PEMASUKAN

NO.
SUMBER
PEMASUKAN
1.
Dikti
Rp.  6.000.000,00
2.
Dana Lain
Rp.  500.000,00
TOTAL
Rp. 6.500.000,00

PENGELUARAN

  1. Biaya Pelaksanaan dan Operasional Awal Usaha Hotspot

No
Pemanfaatan
jumlah (buah)
harga satuan
total biaya
1.
Modal Awal Operasional Usaha
2,700,000.00
2.
Biaya promosi
800,000.00
3.
Pembelian wireless
1,800,000.00
4
Biaya pendaftaran tempat usaha
500,000.00
5
Transportasi
500,000.00
6
Komunikasi
500,000.00
jumlah
Rp. 6,500,000.00

 

Analisis Usaha Hotspot

 

A. Biaya Tetap (Fix Cost)

Uraian
Jumlah
Harga Satuan (Rp.)
Besarnya(Rp)
Peralatan :
Wireless
2 buah
900,000
1.800,000
Kipas angin
2 buah
100,000
200.000
Meja kecil
10 buah
50,000
500,000
Network kabel
5 meter
5,000
25,000
Cok roll
10 buah
17,500
175,000
Total
2,700,000

 

 

 

B. Variable Cost (dalam 30 hari )

No.
Uraian
Jumlah
Harga Satuan (Rp.)
Besarnya (Rp.)
1.
Teh botol
1 kerat
100.000
100.000
2.
Fruit tea
1 kerat
100.000
100.000
3.
Tebs
1 kerat
100,000
100,000
4.
Biaya tenaga kerja :
  • Penjaga hotspot (3 0rang)
30 hari
400,000
1,200,000
Total
1,500,000

  1. a. Total Biaya Produksi = (Total Investasi + Total biaya operasional pertahun

= Rp. 2,700,000 + (Rp.1,500,000x 12)

= Rp. 20,700,000

b.pendapatan di hari biasa  = Jumlah orang x Waktu (hari) x tarif

= 30  x 25 x Rp. 4,000

= Rp. 3,000,000

pendapatan           di hari libur     = Jumlah orang x Waktu (hari) x  tarif                                                                           = 50  x 5 x Rp. 4,000

= Rp. 1,000,000

Total Pendapatan = pendapatan di hari biasa + pendapatan     di hari libur = Rp. 3,000,000+ Rp. 1,000,000

= Rp. 4,000,000

pendapatan per tahun      = Rp. 4,000,000.00 x 12 bulan

= Rp. 48,000,000

Waktu siaga (waktu buka) per tahun      = 24 x 360 = 8640

c.         HPP (Harga Pokok Penjualan)

Harga Pokok Penjualan         =

= Rp. 20,700,000

8640

= Rp 2,395.833 à Rp. 2,400

d.   Analisis Biaya Manfaat

Keuntungan                      = Penerimaan – Total Biaya Produksi

= Rp. 4,000,000 – Rp. Rp.1,500,000

= Rp. 2,500,000

Keuntungan per tahun     = Rp. 30,000,000

e.         Pay Back Periode      =

= 2.700.000 + 18.000.000

30.000.000

= 0,69 tahun = ± 8,28 bulan

I.  STRATEGI PEMASARAN

  • Strategi Harga

Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (kelancaran dan kecepatan mengakses internet), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.

  • Strategi Promosi

1. Publikasi produk untuk promosi dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pemilik operator telepon seluler yang memiliki akses internet dimana perusahaan ini merupakan semacam inkubator bisnis bagi karya mahasiswa yang layak untuk dikomersialisasikan, menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia internet dan komputer, mengikuti sejumlah pameran yang berhubungan dengan  internet dan komputer,dan ikut serta mengadakan beberapa pelatihan yang berhubungan dengan internet.

  1. Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
  2. Setiap pelanggan yang menikmati fasilitas hotspot akan mendapatkan satu botol soft drink. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.

Analisis SWOT:

1. Strength :                a. Sedikit pesaing.

b. Modal untuk memulai usaha kecil.

c. Potensi usaha sangat besar di Praya.

d. Respon masyarakat Praya yang positif terhadap teknologi internet.

2. Weekness    :           a. Usaha terbilang baru.

b. Belum dikenal.

c.  Jumlah tenaga pembantu terbatas.

3. Opportunity:           a. Dapat dengan mudah memasuki target pasar, karena sedikit pesaing.

b. Keunggulan usaha ini yang lebih murah daripada menyewa di warnet

c.Tarif yang lebih murah

4. Threath        :           a.  Timbul usaha yang sejenis

b. Jaringan usaha yang belum luas

c. Kesediaan bahan baku yang terbatas karena harus membeli di daerah lua

DAFTAR PUSTAKA

 

“Anonim”. 2012. Pengertian Kewirausahaan. diambil dari http:// www.bisnis-pengertianKewirausahaan.com. Pada tanggal 4 Maret 2012.

“Anonim”. 2009. Ciri-ciri Kewirausahaan Unggul/Berhasil. diambil dari http://ciri-cirikewirausahaanunggul_berhasil.com. Pada tanggal 4 Maret 2012.

“Anonim”. 2009. Karakteristik Kewirausahaan. diambil dari http://karakteristik-wirausahaan.com. Pada tanggal 4 Maret 2012.

“Anonim”. 2009. Kewirausahaan. diambil dari http://kewirausahaan-kang_amin.com. Pada tangaal 4 Maret 2012.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar